Sholat Dhuha dan Sholat Hajat

Di Sekolah, mungkin kita telah mempelajari sholat sunnah. Adakah di sekolah teman-teman yang belum mempelajari sholat sunnah seperti sholat dhuha dan sholat hajat? Pasti teman-teman semuanya sudah mengenal dan mempelajari kedua sholat sunnah itu. Sholat dhuha itu di laksanakan pada waktu dhuha yaitu sekitar jam 07.00 WIB sampai masuk waktu dhuhur. Dan sholat hajat itu dapat di laksanakan kapanpun, sholat hajat dilakukan  agar keinginan atau hajat kita terkabul, jadi kalau kita ingin hajat kita terkabul, maka laksanakanlah sholat hajat.

Di Sekolahku, Mts N Malang III menanamkan ajaran-ajaran itu pada siswa dan siswinya. Jadi setiap siswa dan siswi harus mengikuti kegiatan sholat dhuha dan sholat hajat pada waktu pagi sebelum pelajaran dimulai. Dan semua itu ada giliran atau jadwalnya masing-masing. Misal kelas 9 putri pada hari selasa, kelas 9 putra pada hari rabu, kelas 8 dan 7 putri pada hari kamis, kelas 8 dan 7 putra pada hari sabtu. Khusus untuk hari senin dan hari jumat tidak dilaksanakan sholat dhuha dan sholat hajat. Karena, pada hari senin siswa dan siswi melaksanakan upacara bendera dan pada hari jumat siswa dan siswi membaca surat yaasin di dalam kelas yang dipandu oleh bapak guru dari kantor.

Jadi, setelah bel berbunyi, semua siswa dan siswi masuk ke dalam kelas dan siswa atau siswi yang mendapat giliran untuk sholat dhuha dan sholat hajat segera menuju ke musholla. Dan di musholla ketika kita akan memulai sholat dhuha dan sholat hajat, kita akan dipandu oleh bapak atau ibu guru. Dan bapak atau ibu guru selalu mengatakan bahwa shafnya harus lurus dan rapat, apabila ada shaf yang kosong harus segera diisi.

Sholat dhuha dilakukan dua rakaat, pada rakaat pertama kita diharuskan membaca surat Asy-Syams dan pada rakaat kedua kita diharuskan membaca surat Adh-Dhuha. Pada sholat dhuha, setelah salam kita diharuskan membaca doa setelah sholat dhuha yang dipimpin oleh bapak guru. Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha kita langsung berdiri dan melaksanakan sholat hajat. Di Sekolahku pada sholat hajat rakaat pertama kita membaca surat Al-Kafirun sebanyak 10 kali dan pada rakaat kedua kita diajarkan membaca surat Al-Ikhlas juga sebanyak 10 kali setelah selesai salam kita duduk sebentar lalu kita sujud untuk menyampaikan hajat kita kepada Allah. Setelah selesai sholat dhuha dan sholat hajat, kita kembali ke kelas untuk mengikuti pelajaran pada jam pertama.

Bagi siswa atau siswi yang tidak mendapat giliran untuk sholat dhuha dan sholat hajat segera mengambil Al-Quran untuk membacanya yang dipandu oleh bapak guru dari kantor.

Pesanku untuk teman-teman semua, rajin-rajinlah sholat bagi umat muslim  ataupun itu sholat wajib atau sholat sunnah. Dan jangan lupa selalu berdoa kepada Allah.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: