TUX , si pinguin yang cerdas

linux-logo1Hai teman-teman sudah taukan siapa Tux itu ?Tux itu nama pinguin yang terdapat pada logo Linux, awalnya Linux tidak mempunyai simbol yang terlihat unik dan hebat . Awal sejarahnya yang unik Linus ( pencipta Linux ) berlibur ke daerah selatan bersama temannya . Disana dia bertemu dengan seekor pinguin pendek yang dalam ceritanya menggigit jarinya dan sejak saat itu Linus demam berhari-hari, dia berfikir bahwa pinguin yang di beri nama Tux itulah yang cocok menjadi logo Linux. Tux adalah hasil karya seniman Larry Ewing dan nama Tux berasal dari usulan James Hughes yaitu singkatan dari “Torvolds Unix” yang menjadi TUX . Logo Linux yang bernama Tux itu sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia .Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo Linux yaitu Tux . Perkembangan Linux sangat cepat sejak tahun 1991 Linux sudah berkembang dengan pesat . Kelebihan-kelebihan Linux adalah :

  1. Tidak memerlukan perangkat keras yang mahal . Linux juga dapat berjalan pada computer PC dengan konfigurasi .
  2. Linux merupakan system operasi FULL 32-bit .
  3. Linux juga dapat menangani banyak proses secara bersamaan , semua proses tersebut tidak saling menghambat walaupun berjalan pada saat yang sama.
  4. Linux bisa digunakan lebih dari satu orang dan dapat menggunakan program yang sama atau berbeda-beda .
  5. Pengguna Linux dapat melakukan login dengan nama user yang sama atau berbeda lebih dari satu kali, dan tanpa perlu menutup sesi sebelumnya.
  6. Linux memiliki grafis antar muka (GUI) dengan pilihan tampilan yang bervariasi (dinamis).
  7. Program – program maupun aplikasi-aplikasi networking tersedia dalam semua distribusi Linux (dalam CD atau disket), sehingga tak perlu mencari atau membeli atau mendownload aplikasi tambahan lagi.
  8. Setiap pengguna Linux yang memanfaatkan port 23 dengan program Telnet dapat mengendalikan komputer Linux dari jarak jauh, kapan pun, dari mana pun atau bisa juga disebut Remote Control, seperti seolah – olah sang pengguna berada di hadapannya secara langsung.
  9. Linux tidak perlu melakukan defragment, karena linux memakai sistem file ext2fs (Second Extended File System) yang mempunyai keunggulan reduksi fragmentasi otomatis.
  10. Linux mampu mengakses sistem file FAT16, FAT32 (kepunyaan DOS), VFAT (Win), HPFS (OS/2), Minix, UFS (Solaris), Xenix, SCO, Novell, dsb.
  11. Linux adalah varian UNIX(TM) yang tercatat mempunyai perkembangan paling pesat di seluruh dunia. Dengan semakin bertambahnya pengguna, semakin mudah mendapatkan dukungan dan driver untuk perangkat keras yang beragam. Dan situs-situs web yang didedikasikan untuk menyebarkan informasi mengenai Linux serta ajang diskusi tentang Linux juga semakin bertambah jumlahnya.

Tapi meskipun program-program yang dijalankan di Linux masih sangat terbatas dibandingkan Windows karena orang-orang pun belum terbiasa menggunakan Linux dan bahkan masih ada yang belum kenal sama Linux dan di sekeliling kita pun masih banyak orang yang memakai windows dan terbiasa memakainyaDan kita juga akan mempunyai pengalaman baru dengan memakai Linux karena di Linux tersedia program-program aplikasi yang menarik, gamenya pun juga menarik . Mungkin saja kalau kita memakai Linux kita bisa terhindar dari virus jadi banyak sekali yang kita peroleh dari Linux. Jadi sekarang waktunya teman-teman memakai Operating System yang Open Source (Linux), sudah terbuktikan kalau Linux itu mudah sekali cara penggunaannya.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: